WhatsApp Image 2022-09-17 at 13.36.39

Salsabila Aulia Putri Zakaria sebagai delegasi dari Aspiring Geopark Gorontalo pada The 1st UNESCO Global Geopark Youth Forum Seminar & Camp, Batur Bali.

Berdasarkan program prioritas dari UNESCO Global Geopark Youth Forum (UGGYF) pada rapat perdana di Jeju, Korea Selatan pada Desember 2021 menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah pada acara berskala internasional yaitu The 1st UNESCO Global Geopark Youth Forum Seminar & Camp.

“Youths for Climate Action in Geoparks” merupakan tema yang diusung pada The 1st UNESCO Global Geopark Youth Forum Seminar & Camp, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 13-17 September 2022 di Batur UNESCO Global Geopark Bali. Salsabila Aulia Putri Zakaria atau biasa yang akrab dipanggil Bella adalah mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) jurusan Teknik Geologi, sebagai delegasi dari Aspiring Geopark Gorontalo Bella juga didampingi beberapa perwakilan Tim Komite Aspiring Geopark Gorontalo.

“bahwa ajang ini merupakan kegiatan yang sangat baik, karena kita dapat berkumpul saling bertukar pikiran, pendapat dan budaya serta bagaimana pengembangan Geopark di daerahnya masing-masing. Ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya.” ucap bella

Bella juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wadah promosi untuk memperkenalkan Aspiring Geopark Gorontalo (AGG) kepada dunia dalam lingkup UNESCO Global Geopark Youth Forum (UGGYF).

The 1st UNESCO Global Geopark Youth Forum Seminar & Camp juga mendapat dukungan dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian PPN/Bappenas RI, UNESCO, Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), Jaringan Geopark Indonesia (JGI). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Bali Bapak I Wayan Koster pada kesempatan yang sama Menko Marves Bapak Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata Bapak Sandiaga Uno memberikan opening speech.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 50 delegasi Youth Geopark dari seluruh Geopark yang ada di bawah naungan UNESCO Global Geopark serta perwakilan Youth Geopark dari seluruh daerah Indonesia.

The 1st UNESCO Global Geopark Youth Forum Seminar & Camp melahirkan sebuah perumusan dari pemikiran para Youth Geopark berupa Batur Charter yang menjadi kerangka kerja bagi seluruh anggota Geopark Youth Forum untuk dapat berpartisipasi aktif pada climate changes.

Dalam rangkaian kegiatan 1st UNESCO Global Geopark Youth Forum ini juga diadakan Geopark Exhibition yang di ikuti oleh perwakilan dari Bapppeda Provinsi Gorontalo dan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo. "Kegiatan Geopark Exhibition ini merupakan wadah untuk dapat memperkenalkan keragaman geologi, hayati dan budaya serta geoproduk dari geopark Gorontalo", ujar Ivana.

Gallery

Return to News